Jamak Taksir dan Pemaknaannya dalam Surah al-Baqarah

Syamsuddin Semmang, Muhammad Hasbi

Abstract


Penelitian ini  tentang Jamʻu al-Taksīr wa Maʻna>hu fi> Surah al-Baqarah. Pokok bahasan yang  dibahas dalam kajian tersebut adalah mengetahui hakikat Jam’ al-Taksi>r dan wujudnya dalam surah al-Baqarah, transformasi wujud mufrad menjadi Jam’ al-Taksi>r, dan memahami makna wujud mufrad. Dalam surah al-Baqarah terdapat dua jenis Jam’ al-Taksi>r. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hakikat dan bentuk Jam al-Taksi>r serta perubahannya dari bentuk mufrad serta realisasi maknanya yang mencakup dua jenis Jam’ al-Taksi>r.

 Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian kualitatif yang menerapkan pendekatan linguistik dan ilmu tafsir. Data didapat dari berbagai literatur, terdiri dari sumber primer seperti al-Qur'an, kitab Nahwu yang membahas Jam’ al-Taksīr, dan kitab tafsir yang menjelaskan pola-pola Jam al-Taksi>r. Sumber sekunder, seperti majalah, artikel, atau karya ilmiah yang tidak langsung terkait dengan Jam’ al-Taksi>r, digunakan untuk melengkapi dan memperkuat penelitian ini.‎

Hasil penelitian ini memberikan pemahaman bahwa hakikat Jam‘ al-Taksīr yaitu ketika telah melebihi angka dua maka dapat dikategorikan sebagai Jam‘ al-Taksīr yang tentunya berpatokan pada klasifikasinya yaitu Jam‘u Taksīr Qillah yang menunjukkan atau dimulai dengan bilangan tiga hingga sepuluh dan jam‘u taksīr kaṡrah yang  menunjukkan bilangan lebih dari 10 sampai tidak terbatas, jamʻu taksīr yang terdapat pada surah al-Baqarah yaitu berjumlah 153 pola dengan klasifikasi jamʻu taksīr qillah terdapat 30 bentuk yang disebutkan sebanyak 99 kali di dalam surah al-Baqarah dan jamʻu taksīr kaṡrah terdapat 62 bentuk yang disebutkan sebanyak 123 kali pada surah al-Baqarah, serta terdapat 3 lafaz mufrad yang ditemukan klasifikasi makna jamʻu taksīr-nya, jenis qillah maupun kaṡrah-nya dalam surah al-Baqarah yaitu lafazأَلْفٌ  dijamakkan pada lafazأُلُوْفٌ  dan آلَافٌ, lafazشَهْرٌ dijamakkan pada lafaz أَشْهُرٌ dan شُهُوْرٌ, dan lafaz أَخٌ dijamakkan pada lafazإِخْوَةٌ  dan إخْوَانٌ.


Full Text:

PDF

References


al-Qur’an al-Kari>m

al-Alu>si>, Syiha>buddin Mahmu>d. Ruh al-Ma’ānī fī Tafsīr al-Qur’ān al-Aẓīm wa al-Sab’ ‎al-Maṡānī. Juz 13. Beirut: Dar al-Kutub Ilmiyah, 1415 M. ‎

al-Andalusi>, Muh}ammad Ibn Yu>suf Abu> H{ayya>n. al-Bah}r al-Muh}it}. Juz 2. Beirut: Dar ‎al-Kutub al- Ilmiyyah 1993.‎

‎‘Aqi>l, Baha>uddi>n Abdulla>h Ibn. Syarh Ibn ‘Aqi>l. Juz 2. Beirut: Dār al-Khair 2003 ‎M/1424 H.‎

al-Bagda>di>, ʻAbdullāh al-Akbari. al-Luba>b fi> ‘Ila>l al-Ibna> wa al-I’ra>b. Jilid 1. ‎Damaskus: Da>r al-Fikr, 1995.‎

al-Baihaqi>, Abu> Bakar. Ahka>m al-Qur’a>n li al-Sya>fi’ī. Juz 1. Kairo: Maktabah al-‎Khaniji, 1994.‎

al-Biqa>’i>, Ibra>hi>m Ibn ʻUmar. Naẓm al-Durar fī Tanāsub al-A̅yāt wa al-Suwār. Kairo: ‎Da>r al-Kitab al-Isla>mi>, t.th.‎

al-Gula>yaini>, Must}afa. Ja>mi’ al-Durūs al-Arabi>yah Mausu>ah fi> S|ala>s|ati Ajza>in. ‎Jumhu>riyyah Misrī al-Arabiah: Da>r al-Ibn al-Jauzi>, 2010.‎

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan Library Research: Kajian Filosofis, ‎Aplikasi, Proses dan Hasil Penelitian, edisi revisi. Cet.1: Malang: Literasi ‎Nusantara, 2020.‎

al-Karma>ni>, Mah}mu>d Ibn H{amzah Ibn. Garāib al-Tafsir wa Ajāib al-Ta’wil. Beirut: ‎Muassasah Ulum al-Qur’an, t.th.‎

Kurdi dkk., Hermeneutika al-Qur’an dan Hadits. Yogyakarta: eLSAQ Press, 2010.‎

al-Mah}alli>, Jalaluddi>n Muhammad Ibn Ahmad dan Jalaluddi>n Abdurrahman Ibn Abu> ‎Bakr al-Suyu>ṭi>. Tafsi>r al-Jala>lai>n. Surabaya: al-Hidayah, t.th.‎

al-Misri>, Muhammad Ibn Makra>m Ibn Manzu>r al-Afri>ki>. Lis̄an al-ʼArab. Beirut: Da>r ‎al-Ṣadr, 1374 H.‎

al-Muhṣi>li>, Abu> al-Faṭ ‘Uṡman Ibn Jinni>. al-Luma>’ fi> al-I’ra>b. Kuwait: Dār al-Kutub ‎al-Ṡaqa>fah, t.th.‎

al-Sabt, Khalid Ibn ‘Uṡman. Mukhtas}a>r fi> Qawa>ʻid al-Tafsi>r. t.t.: Da>r Ibn al-Qayyim, ‎‎2005.‎

al-Ṣābu>ni>, Muh}ammad ‘Ali. Mukhtaṣar Tafsīr Ibnu Kaṡīr. Beirut: Da>r al-Qur’a>n, 1981.‎

al-Saʼlabi>, Abu Isha>̄q. al-Kasyf wa al-Bayan. Beirut: Da>r Ih}ya>’ al-Tura>s al-Ara>bi>, ‎‎2002. ‎

Semmang, Syamsuddin. Kamus Jamak Taksir. Cet. I; Makassar: Gunadarma Ilmu, ‎‎2020.‎

Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam ‎Kehidupan Bermasyarakat. Bandung: Mizan, 1994. ‎

‎__________________ Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an.‎‏ ‏Tangerang: Lentera Hati, 2021. ‎

al-Sira>ji, Ibn. al-Uṣu>l fi> al-Nahwi. Beirut: Yayasan al-Risalah, t. th.‎

al-Zamakhsyari>, Mahmu>d Ibn ‘Umar. al-Kasysyāf ʻan Haqāʻiq Gawāmid al-Tanzīl wa ‎ʻUyūn al- ‘Aqāwīlī fī Wujūh al-Ta’wīl. Beirut: Da>r al-Kitab al-Arabi>, 2006.‎

al-Zuh}aili>, Wahbah. Tafsi>r al-Muni>r fi al-Aqi>dah wa al-Syari>ah wa al-Manhaj. Cet. X; ‎Damaskus: Da>r al-Fikr, 2009.‎

Umrati dan Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep dalam Penelitian ‎Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray, 2020.‎




DOI: https://doi.org/10.62376/tafasir.v1i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.